Rabu, 04 Februari 2015

Tipe Listrik dan Sifat - Sifatnya | Listrik Dinamis dan listrik statis

    Ada dua tipe listrik, yaitu listrik Statis dan listrik Dinamis. Listrik Dinamis dibagi menjadi dua, menjadi arus searah (DC) , dan arus bolak-balik (AC)
  • LISTRIK STATIS
     Bila benda konduktor seperti sebatang kaca ( Glass Rod ) digosok menggunakan kain sutera, kedua permukaan, batang kaca dan kain sutera akan bermuatan listrik, satu bermuatan Positif (+) dan satu bermuatan Negatif (-)
    Tanpa menyentuh kedua benda tersebut dan menghubungkan dengan konduktor, muatan listrik akan tetap berada pada permukaan batang kaca atau kain sutera. karena tidak terjadi gerakkan maka type kelistrikan ini disebut listrik Statis.
     Dalam rumus electron bebas, listrik Statis adalah suatu keadaan dimana electron bebas sudah terpisah dari atomnya masing-masing, akan tetapi tidak bergerak dan hanya berkumpul di atas permukaan benda tersebut.
  •  LISTRIK DINAMIS
     Listrik Dinamis adalah suatu keadaan terjadinya elektron-elektron bebas dimana elektron-elektron ini berasal dari elektron-elektron yang sudah terpisah dari atomnya masing-masing dan melalui suatu benda yang sifatnya konduktor
     Bila elektron-elektron bebas bergerak gangan arah yang tetap, maka listrik Dinamis ini disebut listrik arus searah (DC). Bila arah gerakan dan jumlah (Besar arus) bervariasi secara periodik terhadap waktu, maka listrik Dinamis ini disebut listrik bolak-balik (AC)

ARUS SEARAH
 ARUS BOLAK-BALIK
    Nah dari tipe-tipe listrik ini dapat menghasilkan arus listrik, dimana arus listrik ini dapat digunakan dalam kendaraan kita, misalnya Lampu, Radio/Tape, dan lain sebagainya. mungkin cukup sekian, semoga artikel ini dapat membantu, sekian dari saya terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar