Rabu, 04 Februari 2015

CARA KERJA MOTOR STARTER

  • PADA SAAT STARTER SWITCH ON

     Apabila Starter switch diputar ke posisi ON, maka arus baterai mengalir melaui hold in coil, ke massa. melaui armature. Pada saat ini hold dan pull in coil membentuk gaya magnet dengan arah tang sama, dikarenakan arah arus yang mengalir pada kedua kumparan tersebut sama. Seperti pada gambar di atas.
     Dari kejadian ini Contact Plate akan bergerak ke arah menutup main Switch, sehingga drive lever bergerak menggeser starter clutch ke arah posisi berkaitan dengan ring gear. untuk lebih jelas lagi aliran arusnya adalah sebagai berikut :
Baterai -> Terminal50 -> Hold in coil -> Massa.
Baterai -> Terminal50 -> Pull in coil -> Field coil -> Armature -> Massa
     Oleh karena arus yang mengalir ke field coil pada saat itu, relatif kecil maka Armature berputar lambar dan memungkinkan pinion assembly dengan ring gear menjadi lembut. Pada keadaan ini kontak plate belum menutup main switch

  • PADA SAATPINION BERKAITAN PENUH

     Bila pinion gear sudah berkaitan penuh dengan ring gear, kontak plate akan mulai menutup main switch, lihat gambar di atas, pada saat ini arus akan mengalir sebagai berikut :
Baterai -> Terminal50 -> Hold in coil -> Massa
Baterai -> Main Switch -> TerminalC -> field Coil -> Armature -> Massa
    Seperti pada gambar diatas, di terminal C Ada arus, maka arus dari pull in coil tidak dapat mengalir, akibatnya kontak plate di tahan oleh kemagnetan hold in coil saja, Bersamaan dengan itu arus yang Besar akan mengalir
Dari Baterai -> Field coil -> Armature -> Massa
    Akibatnya, starter dapat menghasilkan momen puntir yang besar yang dapat digunakan memutarkan ring gear. bilamana mesin sudah mulai hidup, ring gear akan memutarkan Armature. melaui pinion. Untuk menghindari kerusakan pada starter akibat hal tersebut maka kopling starter akan membebaskan dan melindungi Armature dari putaran yang berlebihan.
  • PADA SAAT STARTER SWITCH OFF
      Sesudah posisi starter switch di Off, dan main switch dalam keadaan belum membuka  (belum bebas dari kontak plate) maka aliran aliran arusnya seperti berikut :
Baterai -> Terminal30 -> Main switch -> TerminalC -> Field Coil -> Armature -> Massa
     Oleh karena starter switch OFF maka pull in coil dan hold in coil tidak mendapat arus dari Terminal50 Melainkan dari TerminalC. Sehingga aliran arusnyaakan menjadi
Baterai -> Terminal30 -> Main switch -> TerminalC -> Pull in coil -> Hold in coil -> Massa.
     Karena arus Pull in coil dan Hold in coil berlawananmaka arah gaya magnet yang dihasilkan juga berlawanansehingga keduanya saling menghapuskan, Hal ini mengakibatkan kekuatan Return Spring dapat mengembalikan kontak plate ke posisi semula. DEngan demikian Drive levermenarik starter clutch dan pinion gear terlepas dari Berkaitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar